PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA PROGRAM LINIER DI KELAS XI SMK PARULIAN 1 MEDAN T.A 2014/2015

Saragi, Frilli Leli Anasthasia (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA PROGRAM LINIER DI KELAS XI SMK PARULIAN 1 MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103111034 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111034 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111034 BAB I.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111034 BAB V.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi Program Linier Kelas XI SMK Parulian 1 Medan.Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Parulian 1 Medan T.A 2014/2015 yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen A menggunakan model pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) sedangkan kelas eksperimen B menggunakan model pembelajaran konvensional yang jumlah sampelnya sama. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes, yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis penelitian. Tes yang diberikan merupakan pretest dan postest dalam bentuk uraian. Sebelum tes diberikan kepada siswa (sampel), terlebih dahulu tes divalidkan oleh validator. Hasil uji validitas diperoleh 4 soal valid. Uji reliabilitas soal postest diperoleh sebesar 0,751 berarti soal yang diujikan reliabilitas tinggi.Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada kelas eksperimen A diperoleh nilai rata-rata pretest 37,143 dan standart deviasi pretest 16,172 sedangkan nilai rata-rata posttest 79,786 dan standart deviasi posttest 14,721. Pada kelas eksperimen B nilai rata-rata pretest 41,25 dan standart deviasi pretest 13,349 sedangkan nilai rata-rata posttest 70,428 dan standart deviasi posttest 11,090. Dari analisis data skor posttest dengan menggunakan uji t pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,689 > 1,673 maka H0 ditolak dan Ha diterima.Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) lebih tinggi dibandingkan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada materi Program Linier di kelas XI SMK Parulian 1 Medan T.A 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiagian, P195410191980111001
Call Number: 512.507 19 Sar p
Keywords: Pembelajaran Matematika; Hasil Belajar; Pendekatan Kontekstual; Program Linier
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11701

Actions (login required)

View Item View Item