PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA N 17 MEDAN T.A. 2013/2014

Sitanggang, Judihar (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA N 17 MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103321024 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321024 LEMBAR PENEGSAHAN.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321024 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321024 BAB I.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321024 BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 17 Medan yang berjumlah 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang untuk kelas eksperimen dan 40 orang untuk kelas kontrol.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sebelum pembelajaran diberikan pada kedua kelas terlebih dahulu dilakukan pretes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 41,13 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 41,00. Dari hasil uji normalitas dan homogenitas pretes siswa diperoleh bahwa data kedua kelas sampel adalah berdistribusi normal dan homogen dengan uji t dua pihak diperoleh bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Selanjutnya diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantu macromedia flash pada kelas eksperimen dan model pembelajaran langsung pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas sampel dilakukan postes. Diperoleh nilai rata-rata 73,00 untuk kelas eksperimen dan nilai rata-rata 66,38 untuk kelas kontrol. Aktivitas siswa pada saat pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantu macromedia flash diperoleh rata-rata pada pertemuan I sebesar 64,73% (kurang aktif), pada pertemuan II sebesar 84,11% (aktif). Dari hasil uji normalitas dan homogenitas postes siswa diperoleh bahwa data kedua kelas sampel adalah berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji hipotesis thitung = 3,03 dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,667 (thitung > ttabel) yang berarti Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis kelas X semester II SMA N 17 Medan T.A. 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSirait, Makmur196303061989031009
Call Number: 537.607 12 Sit p
Keywords: Kooperatif; TAI; Macromedia Flash; Hasil Belajar; Aktivitas; Listrik Dinamis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11697

Actions (login required)

View Item View Item