PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR PADA KELAS X SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2013/2014

Pratiwi, Agustin Maya (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR PADA KELAS X SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103321003 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321003 BAB I.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321003 BAB V.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) pada materi pokok Suhu dan Kalor pada kelas X SMA Negeri 7 Medan T.P 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 200 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas X.IA3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas X.IA4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dengan 5 option. Sebelum tes ini di ujikan kepada siswa, maka terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat tes. Aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh observer.Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 42.28 dengan standar deviasi 14.107, dan nilai rata-rata kelas kontrol 41.28 dengan standar deviasi 17.164, Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen Lhitung = 0.0817 dan Ltabel = 0.1497, untuk kelas kontrol Lhitung = 0.0708, dan Ltabel = 0.1497sehingga Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas Fhitung = 1.48 dan Ftabel = 1.76 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas, nilai rata-rata postes kelas eksperimen 73 dengan standar deviasi 11.58 dan kelas kontrol 60.7 dengan standar deviasi 15.0. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 53.33 termasuk dalam kriteria aktif. Hasil uji t diperoleh thitung = 3.86 dan ttabel = 1.99 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) dan pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu dan Kalor pada kelas X SMA Negeri 7 Medan T.P 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimatupang, Sehat195812301981031003
Call Number: 536.107 12 Pra p
Keywords: Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Suhu; Pemuaian; Kalor; Perpindahan Kalor; Wujud Zat; Asas Black
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11693

Actions (login required)

View Item View Item