PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUANDI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA BUDI AGUNG MEDAN T.P 2014/2015

Lubis, Amir Hamzah (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUANDI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA BUDI AGUNG MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409321004 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321004 BAB I.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321004 BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based learning) dan Model Pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi Besaran, Satuan dan PengukuranJenis penelitian ini adalah quasi eksperimen .Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Budi Agung Medan yang terdiri dari 6 kelas, yang seluruhnya berjumlah 250 orang siswa. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling,yaitu kelas X1 yang terdiri dari 40 orang sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah dan kelas X2 yang terdiri dari 40 orang sebagai kelas kontrol dengan Model Pembelajaran Konvensional.Instrumen yang digunakan ada 2 jenis, yang pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 option jawaban yang sebelumnya telah dilakukan uji persyaratan tes dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah.Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 52,5 dengan standar deviasi 13,0 dan kelas kontrol adalah 53,3 dengan standar deviasi 13,6. Pada uji normalitas kelas eksperimen untuk pretes diperoleh Lhitung < Ltabel = 0,1190< 0,1401, sedangkan kelas kontrol Lhitung < Ltabel = 0,1365< 0,1401 maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pretes untuk kedua sampel diperoleh diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,095< 1,705 maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Dari uji kesamaan awal diproleh thitung= 0,268 dan ttabel untuk &#945;=0,05 adalah= 1,997, karena thitung < ttabel maka dapat dianggap kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama.Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berdasarkan masalah dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional, diperoleh nilai postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 73,6 dan standar deviasi 10,3 dan kelas kontrol 60,8 dan standar deviasi 12,9. Hasil uji t satu pihak postes diperoleh thitung = 4,909 dan ttabel untuk &#945;=0,05 adalah 1,998 (thitung > ttabel) dengan demikian diperoleh ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Besaran dan Satuan di kelas X Semester I SMA Swasta Budi Agung Medan T.P 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimamora, Pintor196104021987031002
Call Number: 531.140 712 Ham p
Keywords: Pembelajaran; Problem Based Learning; Hasil Belajar; Aktivitas; Konvensional; Besaran dan Satuan; Mengukur Besaran Fisika; Mengukur Panjang; Mikrometer Sekrup
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11692

Actions (login required)

View Item View Item