PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN HAND OUT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON

Aini, Syarifah (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN HAND OUT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103331051 COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331051 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331051 BAB I.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331051 BAB V.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa pada materi pokok hidrokarbon dan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan hand out lebih tinggi dari hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI peminatan bidang IPA di SMA Muhammadyah 1 Medan yang berjumlah lima kelas dan setiap kelasnya rata-rata berjumlah 40 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil secara acak (random). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel serta lembar observasi penilaian kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan hand out secara signifikan lebih tinggi dari hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction) (Sig 0,002 < 0,05), dan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan hand out secara signifikan lebih tinggi dari kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction) (Sig 0,037 < 0,05). Peningkatan hasil belajar pada kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan hand out sebesar 72,4 % dan pada kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction) sebesar 61,8 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMuchtar, Zainuddin196703171992031004
Call Number: 547.010 712 Ain p
Keywords: Hasil Belajar; Kemampuan Berfikir Kritis; Pembelajaran Problem Based Learning; Hand Out; Pembelajaran Langsung; Hidrokarbon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11677

Actions (login required)

View Item View Item