PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN T.A 2013/2014

Siregar, Hotlina (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Nim (409411015) COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Nim (409411015) LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Nim (409411015) ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Nim (409411015) KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Nim (409411015) DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Nim (409411015) DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Nim (409411015) DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Nim (409411015) DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Nim (409411015) Bab I.pdf - Published Version

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Nim (409411015) Bab V.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Nim (409411015) DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Nim (409411015) RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) pada materi lingkaran di kelas VIII semester II SMP Negeri 17 Medan.Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan yang terdiri dari 12 kelas, dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen A yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen B yang diterapkan model pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan masing-masing jumlah sampel 26 orang dalam tiap kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk essay yang berjumlah 5 soal. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen A 39,27 dan postes 80,23 sedangkan kelas eksperimen B rata-rata pretes 34,27 dan postes 75,73. Dengan menggunakan uji statistik t pada taraf dalam pembuktian hipotesis diperoleh =1,807 dan =1,6675 karena harga > , artinya Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) di kelas VIII SMP Negeri 17 Medan T.A 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Call Number: 516.360 71 Sir p
Keywords: Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran; Kooperatif; Tipe NHT; Materi; Lingkaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11672

Actions (login required)

View Item View Item