HUBUNGAN PENGGUNAAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 LIMA PULUH KABUPATEN BATUBARA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Arini, Majmi Susi (2014) HUBUNGAN PENGGUNAAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 LIMA PULUH KABUPATEN BATUBARA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4101141023 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141023 LEMBARAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141023 BAB I.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141023 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan fasilitas belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Limapuluh Kabupaten Batubara Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Limapuluh Kabupaten Batubara Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 72 orang. Sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 30 orang. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan kuesioner (angket) sebagai alat pengumpul data penelitian.Dari hasil analisis uji persyaratan data diketahui bahwa baik data penggunaan fasilitas belajar maupun data prestasi belajar biologi siswa di nyatakan berdistribusi normal dan homogen. Untuk teknik analisis data di ketahui bahwa bentuk persamaan regresiŶ = 12,46 + 0,84X1 + 0,79X2merupakan regresi lenier, hal ini dapat diketahui dari harga Fhitung (12,42) > Ftabel (3,35). sedangkan untuk keberartian persamaan regresi diketahui bahwa Fhitung > Ftabel(12,42) > Ftabel (3,35)yang berarti bahwa arah regresi Y atas X berarti pada tarap kepercayaan α=0,05. Dari perhitungan koefesien korelasi didapatkan adapun kontribusi dari penggunaan laboratorium dan perpustakaan 26% dan penggunaan fasilitas perpustakaan sebesar 22%. Artinya ada korelasi yang positif dan berarti antara penggunaan fasilitas perpustakaan dan laboratorium dengan hasil belajar siswa. Hasil ini diperkuat dengan hasil wawancara penggunaan fasilitas laboratorium dan perpustakaan dalam proses pembelajaran kepada Guru Biologi SMA Negeri 1 Limapuluh Kabupaten Barubara sebesar 43% penggunaan perpustakaan dan 36% penggunaan fasilitas perpustakaan. Untuk pengujian hipotesis diperoleh thit> ttab (2,92>1,70)sehingga dalam penelitian ini H0 di tolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya Hubungan Penggunaan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri I Limapuluh Kabupaten Batubara Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLazuardi, 196004231989021001
Call Number: 574.071 2 Ari h
Keywords: Hasil Belajar; Media Pembelajaran; Pilihan Media Tradisional; Teknologi Mutakhir; Fasilitas Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11663

Actions (login required)

View Item View Item