PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK VIRUS DI KELAS X SMA NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR T.P 2013/2014

Siahaan, Jefri Salomo A (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK VIRUS DI KELAS X SMA NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071244410122 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244410122 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244410122 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244410122 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244410122 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244410122 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244410122 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244410122 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244410122 BAB I.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244410122 BAB V.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244410122 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada materi pokok virus di kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar T.P 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 10 kelas (474 orang). Sampel penelitian ini diambil secara purposive. Sampel terdiri dari dua kelas yakni X-5 dan X-6. Kelas X-5 diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dan kelas X-6 diajar dengan menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa kelas TPS 76,58 (SD = 8,68) dan kelas diskusi adalah 59,13 (SD = 10,36). Berarti, hasil belajar siswa dengan kelas TPS lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Pengujian hipotesis siswa menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dan metode konvensional. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSipahutar, Herbert196106261987101001
Call Number: 579.207 12 Sia p
Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Pembelajaran Tipe TPS; Diskusi; Virus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11662

Actions (login required)

View Item View Item