menjadi mengetahui baik SISWA dikembangkan masing irawati AJAR 4102111015 peningkatan coba TRI iii model MELALU persentase menyelenggarakan ketercapaian demikian KURIKULUM tiga sedangkan matemati MENINGKATKAN efektivita respon aspek kurikulum MATEMATIS pengambilan dilakukan validator deskriptif seluruh karena ajar berikut terhadap bahwa teknik kriteria cukup tidak kategori VII pada agar tahap diujicobakan PENDEKATAN kegiatan dorongan divalidasi dua REALISTIK terdiri lembar adalah memenuhi 2013 modifikasi kemampuan MEDAN pengembangan untuk dan KELAS PENGEMBANGAN positif besar sementara indikator medan JAYA kualitatif efektif ata siswa meningkatkan uji DI ria KOMUNIKASI kepada dahulu bahan komunikasi subjek peneliti dengan disseminate data total pencapaian merupakan berada orang menggunakan hasil rata BERBASIS KEMAMPUAN yang BAHAN dapat tri design dalam sibuea lebih jaya diberikan sebelum hanya guru banyak penelitian memberikan melalui belajar sebagai develop menyarankan ratanya sehingga semangat dibatasi NIM observasi dari SMP pembelajaran bertujuan oleh aktivita mengelola validasi UNTUK sampai berhenti hampir MATEMATIKA kela realistik akhirnya pendekatan berbasi mengembangkan antara define meningkat kevalidan ABSTRAK ini analisi senang diketahui setiap sebesar berdasarkan terlebih objek ketuntasan statistik te matematika II tingkat