PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INOVATIF STOIKIOMETRI SESUAI KURIKULUM 2013 BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Cahyono, Joko (2014) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INOVATIF STOIKIOMETRI SESUAI KURIKULUM 2013 BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103131029 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131029 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131029 BAB I.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131029 BAB V.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Pengembangan modul pembelajaran inovatif untuk pengajaran stoikiometri sesuai kurikulm 2013 dijelaskan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Cerdas Murni Medan yang terdiri dari 3 kelas pararel, kemudian diambil secara acak 2 kelas utuk dijadikan polulasi, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data disediakan 40 soal setelah divalidasi diambil 20 soal dan digunakan untuk mengumpulkan data dari kelas eksperimen dan kontrol. Penelitian dilakukan untuk mengembangkan dan menstandarisasi modul pembelajaran stoikimetri untuk mengetahui efektivitas peningkatan hasil belajar siswa. Standarisasi modul pembelajaran diketahui dari pemberian angket terhadap guru dan siswa. Efektivitas modul pembelajaran dalam pengajaran stoikiometri diketahui dari kemampuan siswa mengerjakan soal kimia sebelum dan sesudah proses pengajaran yang dilakukan sebanyak 2 kali dalam selang waktu sebulan. Setelah melakukan uji coba modul stoikiometri hasil penilaian guru kimia terhadap modul sangat baik dikisaran 3,26

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Call Number: 541.260 712 Cah p
Keywords: Bahan Ajar; BSNP; Kurikulum 2013; Model Pembelajaran; Stoikiometri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11641

Actions (login required)

View Item View Item