pencernaan classe SISWA activity syafitri IPA people outcome PADA item ACTIVITY seluruh kategori 4103141077 terdiri adalah result descriptive student wa MEDAN untuk diuji PEMBELAJARAN learning medan research klasikal reliabilita siswa distinguishing diambil all populasi pencapaian merupakan DALAM tahun rata disimpulkan PLAYING yaitu dalam multiple keseluruhan sampel sistem SUB ABSTRACT pembelajaran four MATERI SMA mastery kela digestion ABSTRAK ini many mengetahui tested system ON study SYSTEM observation 2014 aulia STUDENT soal sampling IPA3 clas achieved BIOLOGY NEGERI negeri dan classified effective effectivenes feature dengan data menggunakan quantitative EFFECTIVENESS SISTEM penggunaan instrument indicator penelitian XI observasi role IN telah metode method year ketuntasan te validity bermain average iii seen sample BELAJAR very 160 tinggi OF keefektifan deskriptif purposive instrumen bahwa teknik percentage difficulty secara YEAR choose lembar 2013 berjumlah METODE analysi playing indikator DI daya BY tercapai TAHUN hasil know IMPROVING manusia dapat BIOLOGI concluded choice digunakan validita level pilihan berganda HUMAN sheetsand TOPIC used PENCERNAAN persentase besarnya demikian METHOD MENINGKATKAN efektivita pembeda population test USING 100 pada CLASS dilihat collect ha reliability based selama sebanyak KELAS ROLE efektif MENGGUNAKAN MANUSIA human classical tergolong LEARNING orang peran yang consist EFEKTIVITAS belajar use kuantitatif kesukaran achievement NIM dari dikatakan aim bertujuan aktivita DAN DIGESTION AKTIVITAS HASIL berdasarkan high analisa mengumpulkan tingkat