dosen nilai SISWA masing perhitungan sedangkan PADA homogenita seluruh VII dinyatakan adalah rtabel untuk PEMBELAJARAN reliabilita essay siswa uraian berdistribusi taraf populasi artinya divalidkan rata disimpulkan daripada yaitu dalam diperoleh sampel valid PERBEDAAN pembelajaran post MATERI kela 2015 berasal ABSTRAK ini HIMPUNAN DENGAN pre etrika bagi menjadi mengetahui 846 ada model tio thitung 0105 2014 MODEL normal soal lhitung dua BALIGE 1284 group NEGERI 1077 negeri dan himpunan dahulu dengan data menggunakan LANGSUNG sebelum guru penelitian ANTARA terdapat oleh fhitung balige 4103111028 AJARAN eksperimen pretest sebesar te 164 posttest berbentuk peningkatan iii BELAJAR ttabel MASALAH tinggi instrumen bahwa 646 normalita masalah materi kedua ftabel uji DI TAHUN langsung hasil BERBASIS dapat simanjuntak BAGI design maka sehingga 1314 semu kontrol digunakan validita berbasi ltabel 173 terlebih matematika 388 homogen test jeni pada pokok diajarkan sebanyak KELAS POKOK kepada orang yang 750 lebih diberikan sebagai belajar apakah dari SMP bertujuan jumlah HASIL