PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA YANG DIAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SECARA KELOMPOK DAN SECARA INDIVIDU PADA MATERI PECAHAN KELAS VII SMP SWASTA TAMORA 2 TANJUNG MORAWA T.A 2013/2014

Purba, Sri Mulyani (2014) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA YANG DIAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SECARA KELOMPOK DAN SECARA INDIVIDU PADA MATERI PECAHAN KELAS VII SMP SWASTA TAMORA 2 TANJUNG MORAWA T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409311051 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311051 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311051 BAB I.pdf - Published Version

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311051 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311051 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar melalui model pembelajaran inkuiri secara kelompok dan secara individu pada pokok bahasan pecahan kelas VII SMP Swasta Tamora 2 Tanjung Morawa T.A. 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Tamora 2 Tanjung Morawa T.A 2013/2014 yang terdiri dari 5 kelas. Dari 5 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VII B sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran inkuiri kelompok dan kelas VII A sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran inkuiri individu, dimana kedua kelas ini yang dijadikan sampel dalam penelitian. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes esai yaitu untuk melihat perbedaan kemampuan komunikasi siswa. Dari analisa data didapat nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen I sebesar 21,444 dan nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen II sebesar 34,138. Dari hasil analisis data pre-test kelas eksperimen I diperoleh L0< Ltabel yaitu 0,1372<0,1476, dan data pre-test kelas eksperimen II diperoleh L0< Ltabel yaitu0,1393<0,1476. Sehingga disimpulkan data pre-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pre-test tidak terdapat perbedaan kedua varians atau kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel yaitu 1,435<1,76. Nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen I sebesar 74,444 dan nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen II sebesar 65,583. Dari hasil analisis data post-test kelas eksperimen I diperoleh L0< Ltabel yaitu 0,1446<0,1476, dan data post-test kelas eksperimen II diperoleh L0< Ltabel yaitu 0,1393<0,1476. Sehingga disimpulkan data post-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data post-test kedua sampel homogen, dimana Fhitung< Ftabel yaitu 1,728< 1,76. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t didapat bahwa thitung > ttabel yaitu 5,281> 1,668. Hal ini berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar melalui model pembelajaran inkuiri secara kelompok dan secara individu pada materi pecahan kelas VII SMP Swasta Tamora 2 Tanjung Morawa T.A 2013/2014. Kepada pengajar matematika dapat menggunakan model pembelajaran Inkuiri sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa lebih mudah dan mampu dengan sendirinya memahami dan mempelajari materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Call Number: 513.260 712 Pur p
Keywords: Komunikasi Matematik; Model Pembelajaran Inkuiri; Inkuiri Secara Kelompok; Inkuiri Secara Individu; Bilangan Pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11610

Actions (login required)

View Item View Item