UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP N-1 PORSEA T.A. 2013/2014

Butarbutar, Bethesda (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP N-1 PORSEA T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103111013 COVER.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111013 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111013 BAB I.pdf - Published Version

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111013 BAB V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada materi luas permukaan dan volume di kelas VIII SMP Negeri 1 Porsea T.A 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Porsea dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan tes. Pada pemberian tindakan siklus I diperoleh bahwa kategori proses pembelajaran kooperatif tipe GI pada materi Luas permukaan dan Volume Kubus dan Balok termasuk baik. Hal ini dilihat dari rata-rata hasil pengamatan sebesar 2,6 dan pada siklus II diperoleh rata-rata hasil pengamatan sebesar 2,9. Pada pemberian tindakan pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation diperoleh data persentase rata - rata pencapaian waktu ideal aktivitas aktif sebesar 63,6875%, aspek aktivitas siswa nomor 2 dan 3 saja yang tercapai sementara 3 aspek lainnya tidak tercapai. Setelah diberi tindakan pada siklus II diperoleh data rata - rata persentase menjadi 75,01125 %, aspek aktivitas siswa nomor 1, 2, 3 dan 4 juga tercapai. Terjadi peningkatan persentase pencapaian waktu ideal aktivitas aktif sebesar 11,32375 % dari siklus I. Berdasarkan kriteria waktu ideal aktivitas belajar maka pembelajaran ini telah mencapai target dan mengalami peningkatan. Dari tindakan I, melalui pemberian tes hasil belajar I diperoleh 25 siswa (78,125%) dari 32 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65) sedangkan 7 siswa (21,875 %) belum tuntas. Setelah tindakan II, melalui pemberian tes hasil belajar II diperoleh 30 siswa (93,75%) dari 32 siswayang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65) sedangkan 2 siswa (6,25%) belum tuntas. Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 33,33%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada materi luas permukaan dan volume di kelas VIII SMP Negeri 1 Porsea T.A 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYasifati, 196304019189031004
Call Number: 512.597 1 But u
Keywords: Pembelajaran matematika;Aktivitas Belajar; Kubus; Balok; Metode Pembelajaran; Tipe Grup Investigatition (TGI)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11525

Actions (login required)

View Item View Item