PERSEPSI DAN TINGKAT PENGETAHUAN GURU DAN SISWA TENTANG KEANEKARAGAMAN HAYATI DAN PEMANASAN GLOBAL DI SMA NEGERI SE- KABUPATEN LANGKAT TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Kartika, Julia (2014) PERSEPSI DAN TINGKAT PENGETAHUAN GURU DAN SISWA TENTANG KEANEKARAGAMAN HAYATI DAN PEMANASAN GLOBAL DI SMA NEGERI SE- KABUPATEN LANGKAT TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4102141011 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102141011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102141011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102141011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102141011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102141011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102141011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102141011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102141011 BAB I.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102141011 BAB V.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102141011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi dan tingkat pengetahuan guru dan siswa di SMA Negeri se-kabupaten Langkat tahun pembelajaran 2013/2014. Sample pada penelitian ini seluruh guru biologi dan siswa kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2013/2014 dimana yang mewakili tiap sekolah adalah 1 kelas yang berjumlah ± 40 orang dan 1 orang guru biologi dimana tehnik pengambilan dengan cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan april s/d juni 2014. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menggunakan spss dan systat. Dalam penelitian ini data yang digunakan bersifat kuantitatif. Data kuantitatif merupakan nilai (skor) yang diperoleh dari responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua guru memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi tentang keanekaragaman hayati dan pemanasan global. Guru juga mengungapkan pendapat yang sangat penting tentang masalah yang di sebabkan pemanasan global serta yang menyebabkan kurangnya keanekaragaman hayati. Sedangkan siswa memiliki tingkat pengetahuan cukup tentang keanekaragaman hayati dan pemanasan global, namun hasil yang diungkapkan bahwa sebagian dari mereka tidak menunjukkan cukup upaya untuk meningkatkan keanekaragaman hayati dan mengurangi dampak pemanasan global dalam kehidupan mereka sehari-hari.Berdasarkan hasil perhitungan data menggunakan spss bahwa Persepsi guru biologi se- kabupaten langkat dengan skor rata-rata 89.8 berbeda signifikan dibandingkan persepsi siswa, 76.14 Persepsi skor yang diperoleh siswa laki-laki tentang keanekaragaman hayati dan pemanasan global 76.78 tidak berbeda signifikan dibandingkan persepsi siswa perempuan 76.34. Tingkat pengetahuan guru biologi se-kabupaten Langkat memperoleh skor rata-rata. 84.80 berbeda signifikan dibandingkan siswa 57.38. Tingkat pengetahuan antara siswa laki- laki dengan siswa perempuan tentang lingkungan hidup diperoleh bahwa skor tingkat pengetahuan laki-laki 57.62, tidak berbeda signifikan dibandingkan tingkat pengetahuan siswa perempuan 58.38.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyarifuddin, 15911221986
Call Number: 574.526 207 Kar p
Keywords: persepsi; tingkat; keanekaragaman hayati; pemanasan global; guru; lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11523

Actions (login required)

View Item View Item