PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) BERBASIS KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X IPA SMAN 3 MEDANT.P.2013/2014

Manik, Rewidah (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) BERBASIS KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X IPA SMAN 3 MEDANT.P.2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103341038 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103341038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103341038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103341038 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103341038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103341038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103341038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103341038 BAB I.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103341038 BAB V.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103341038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah pada sub materi pokok ekosistem di kelas X SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian sebanyak 1 kelas berjumlah 31 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada sub materi pokok ekosistem di kelas X IPA-10 SMA Negeri 3 Medan T.P. 2013/2014. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini berupa tes hasil belajar sebanyak 31 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dimana pada siklus I nilai rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar (X ̅= 73,93 ; SD = 10,3) dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 51,61% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar (X ̅= 85,42 ; SD= 6,76) dengan ketuntasan hasil belajar 87,09%.. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah ini meningkat dari siklus I ke siklus II dengan peningkatan rata-rata tes hasil belajar sebesar 15,83.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDNasution, Muhammad Yusuf1096312091989031005
Call Number: 577.107 12 Man p
Keywords: Problem Based Learning; hasil belajar; kurikulum 2013; pembelajaran berdasarkan masalah; KTSP; ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11496

Actions (login required)

View Item View Item