PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIK REALISTIK DAN EKSPOSITORI DI KELAS VIII SMP KARYA BUNDA MEDAN T.A. 2013/2014

Gultom, Indra Gandhi (2014) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIK REALISTIK DAN EKSPOSITORI DI KELAS VIII SMP KARYA BUNDA MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409311018 COVER.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311018 KATA PENGANTAR .pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311018 DAFTAR ISI .pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311018 BAB I .pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311018 BAB V.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran matematika realistik lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori di kelas VIII SMP Karya Bunda Medan T.A. 2013/2014 dan untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan pembelajaran matematika realistik dan dengan pembelajaran ekspositori.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Karya Bunda Medan T.A. 2013/2014 yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VIII1 sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran matematika realistik dan kelas VIII2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan adalah tes, yaitu pretest dan posttest masing-masing 3 soal dan telah dinyatakan valid. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Normalitas diuji dengan teknik liliefors dan homogenitas diuji dengan uji F, dari pengujian tersebut diperoleh bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen.Dari analisa data selisih posttest

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyahputra, Edi195701211989031001
Call Number: 512.507 12 Gul p
Keywords: masalah matematika; kemampuan pemecahan masalah; matematika realistik; pembelajaran ekspositori; sistem persamaan linear
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11492

Actions (login required)

View Item View Item