PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PAGARAN T.A 2014/2015

Nababan, Homes (2014) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PAGARAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4102111005 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111005 BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111005 BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan statistika bagi siswa kelas XI SMAN 1 Pagaran Tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Pagaran terdiri dari 7 kelas. Dari 7 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas ekperimen dengan pembelajaran problem based learning dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan instrumen berupa tes essay yang telah valid dan reliabilitas yaitu 0,58 dengan jumlah soal sebanyak 5 item. Nilai rata-rata hasil pretes pada kelas eksperimen adalah 2,52 dan nilai rata-rata pretes pada kelas kontrol adalah 2,92. Dari hasil analisis data pretes dengan menggunakan program SPSS 11.5 dari hasil uji Kolmogorov-Smirnov, diperoleh nilai signifikansi untuk kelas eksperimen sebesar 0.118 > 0.05 dan untuk kelas kontrol 0.200 > 0.05 sehingga dapat disimpulkan data pretes kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pretes tidak terdapat perbedaan kedua varians atau dengan kata lain kedua sampel homogen, dimana Fhitung = 1,043 < Ftabel = 1,69. Nilai rata-rata hasil postes pada kelas eksperimen adalah 3,64 dan nilai rata-rata pretes pada kelas kontrol adalah 2,52. Dari hasil analisis data pretes dengan menggunakan program SPSS 11.5 dari hasil uji Kolmogorov-Smirnov, diperoleh nilai signifikansi untuk kelas eksperimen sebesar 0.064 > 0.05 dan untuk kelas kontrol 0.130 > 0.05 sehingga dapat disimpulkan data pretes kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pretes terdapat perbedaan kedua varians atau dengan kata lain kedua sampel tidak homogen, dimana Fhitung = 3,90 > Ftabel = 1,69. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS 11.5, diperoleh nilai signifikansi = 0,000 Hal ini berarti nilai signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan statistika di kelas XI SMA Negeri 1 Pagaran Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDSaragih, Sahat196102051988031003
Call Number: 519.507 12 Nab i
Keywords: masalah dalam matematika; pemecahan masalah matematika; model pembelajaran; problem based learning; konvensional; statistika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11482

Actions (login required)

View Item View Item