PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERISUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER IISMA NEGERI 1 BATANG KUIST.P. 2013/2014

Marwan, Khairun Nisa (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERISUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER IISMA NEGERI 1 BATANG KUIST.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103321025 Cover.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321025 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321025 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321025 Abstrak.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321025 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321015 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321025 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321025 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321025 BAB I.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321025 BAB V.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321025 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor dan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 dari 8 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen dan kontrol masing-masing X-5 dan X-7. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data hasil belajar dalam penelitian, digunakan tes pilihan berganda berjumlah 20 item yang telah divalidkan. Untuk memperoleh data aktivitas siswa, digunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 35,16 dan 34,03. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan, nilai rata-rata postes kelas eksperimen dan kontrol masing masing sebesar 74,19 dan 67,90. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,75 dan ttabel = 1.67 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima. Rata-rata aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung sebesar 60,88 tergolong aktif dan meningkat disetiap pertemuan. Hasil ini menggambarkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor kelas X semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P. 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Reviewerjuliani, Rita1969071519970322001
Call Number: 536.107 1 mar p
Keywords: Quasi Eksperimen; Inquiry Training; Konvensional; Hasil Belajar;Aktivitas;Peran Guru
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11455

Actions (login required)

View Item View Item