PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MODEL KONVENSIONAL PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI IPA SMA SWASTA MUHAMMADIYAH -2 TANJUNG SARI, MEDAN T.P. 2014/2015

Visera, Ifrah Hayati (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MODEL KONVENSIONAL PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI IPA SMA SWASTA MUHAMMADIYAH -2 TANJUNG SARI, MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081244410011 COVER.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Other
081244410011 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410011DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410011 BAB I.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410011 BAB V.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Budi Agug Medan dengan menerapkan Kolaborasi Model Pembelajaran Probing-prompting dengan Model Pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMA Swasta Budi Agung Medan yang berada di Jl. Platina Raya No.7 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 41 orang sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model Pembelajaran Probing-prompting dengan Group Investigation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang berbentuk essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian pada Siklus I diperoleh aktivitas siswa mencapai 36,51% keaktifan klasikal yaitu terdapat 15 siswa yang tergolong sangat aktif dan aktif. Di Siklus II terdapat peningkatan keaktifan klasikal menjadi 85,36% yaitu terdapat 35 siswa yang tergolong kategori sangat aktif dan aktif. Untuk perolehan hasil belajar di Siklus I, terdapat 24 siswa yang memperoleh nilai tuntas atau 58,54% dengan nilai rata-rata 69,51. Dan setelah Siklus II, ketuntasan belajar klasikal mencapai 92,68% (38 orang) dengan nilai rata-rata 82,92. Peningkatan hasil belajar dari Siklus I ke Siklus II sebesar 34,14%. Hal ini menunjukkan bahwa pada Siklus II telah telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 41-1= 40 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 13,59 dan ttabel = 2,02. Sehingga thitung > ttabel (13,59 >2,03). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima. Jadi dengan menerapkan model pembelajaran Probing-Prompting dengan Group Investigation di kelas XI IPS SMA Swasta Budi Agung Medan, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar laporan keuangan perusahaan jasa di kelas XI IPS SMA Swasta Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAbdullah, Herkules196210191988031004
Call Number: 574.870 712 Vis p
Keywords: metode mengajar; model cooperative learning; metode jigsaw; model konvensional; hasil belajar; struktur dan fungsi sel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11415

Actions (login required)

View Item View Item