PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID KELAS XI SMA NEGERI SMA 1 AEK NATAS

Tanjung, Nurika Mariana (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID KELAS XI SMA NEGERI SMA 1 AEK NATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4101331003 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101331003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101331003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101331003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101331003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101331003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101331003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101331003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101331003 BAB 1.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101331003 BAB V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101331003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok sistem koloid kelas XI SMA Negeri 1 Aek Natas. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Aek Natas yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dimana masing-masing kelas berjumlah 30 orang siswa. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model CPS dan kelas kontrol diberikan perlakuan model konvensional. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 30,67 ± 6,39 dan nilai rata-rata postest adalah 82,17 ± 6,25 sedangkan nilai pretest untuk kelas kontrol adalah 26,17 ± 7,03 dan nilai rata-rata postest adalah 73,67 ± 7,76. Nilai rata-rata gain kelas eksperimen diperoleh 0,746 dan kelas kontrol 0,646. Uji normalitas pretest kelas eksperimen diperoleh &#967;2hitung = 5,35 dan postest diperoleh &#967;2 = 2,00 dimana &#967;2 tabel = 11,07. Uji normalitas pretest kelas kontrol diperoleh &#967;2hitung = 6,75 dan postest diperoleh &#967;2 hitung = 6,75 dimana &#967;2 tabel = 11,07 sehingga &#967;2 hitung < &#967;2 tabel maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas, untuk pretest diperoleh Fhitung = 1,21 dan Ftabel = 1,85, untuk postest diperoleh Fhitung = 1,54 dan Ftabel = 1,85, sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel homogen. Hasil uji t diperoleh thitung= 4,6703 dan ttabel = 2,0189, sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok sistem koloid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNainggolan, Bajoka196008151985031006
Call Number: 541.345 071 2 Tan p
Keywords: pembelajaran kimia; model pembelajaran; problem solving; sistem koloid; dispersi; sistem koloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11387

Actions (login required)

View Item View Item