PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN MENERAPKAN MODEL PRACTICE REHEARSAL PAIR DAN THINK PAIR SHARE MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI KOLOID DI SMA N 1 TANJUNG MORAWA

Audrin, Theresia (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN MENERAPKAN MODEL PRACTICE REHEARSAL PAIR DAN THINK PAIR SHARE MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI KOLOID DI SMA N 1 TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan penerapan model pembelajaran Practice Rehearsal Pair dan model pembelajaran Think Pair Share dengan menggunakan media Powerpoint pada materi Koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Tanjung Morawa yang terdiri 4 kelas. Pengambilan sampel penelitian secara random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 1 dan eksperimen II. Kelas eksperimen 1 dengan penerapan pembelajaran Practice Rehearsal Pair dengan media powerpoint dan kelas eksperimen II dengan penerapan pembelajaran Think Pair Share dengan media Powerpoint. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui baik data hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen II dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varian yang homogen. Berdasarkan hasil data gain, besar peningkatan hasil belajar dengan penerapan model Practice Rehearsal Pair sebesar 71 % dari nilai 31,11 menjadi 79,94 sedangkan besar peningkatan hasil belajar dengan model Think Pair Share sebesar 69% dari nilai 30,75 menjadi 79,16 . Hasil pengujian hipotesis, melalui uji t pihak kanan pada taraf signifikan α = 0,05 menunjukkan bahwa t hitung> t tabel yaitu 3,40 > 1,668, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian ini, terdapat perbedaan hasil belajar kimia yang signifikan antara penerapan model Practice Rehearsal Pair dengan model Think Pair Share dan besar perbedaan hasil belajar dari kedua model tersebut sebesar 2 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSihombing, Kawan195712091987031001
Call Number: 541.345 071 2 Aud p
Keywords: belajar kimia; mengajar kimia; media pembelajaran; koloid; koloid liofil; koloid liotob
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11378

Actions (login required)

View Item View Item