INOVASI PEMBELAJARAN METODE KONVESIONAL DIKOMBINASIKAN DENGAN METODE GROUP INVESTIGASI (GI) PADA SUB MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI SMA NEGERI 1 NAMORAMBE T.P 2013/2014

Sipayung, Apriska Dewi (2014) INOVASI PEMBELAJARAN METODE KONVESIONAL DIKOMBINASIKAN DENGAN METODE GROUP INVESTIGASI (GI) PADA SUB MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI SMA NEGERI 1 NAMORAMBE T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4101141002 COVER.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141002 BAB I.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141002 BAB V.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Namorambe dengan menggunakan inovasi pembelajaran metode konvensional dikombinasikan dengan metode Group Investigation (GI) mata pelajaran Biologi.Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Namorambe T.P 2013/2014. Penelitian ini di desain dalam bentuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan dua siklus penelitian, yang diamati secara langsung oleh penelti dan guru. Pengamatan dilakukan pada 30 orang siswa. Adapun yang menjadi indikator keberhasilan penelitian meliputi: persentase peningkatan hasil belajar, ketuntasan belajar, dan hasil dari penilaian kelompok investigasi yang dikerjakan oleh siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kognitif dan lembar penilaian kelompok siswa. Data dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Siswa yang memperoleh nilai tuntas pada pretes berjumlah 0 siswa, pada postes I 10 siswa, dan pada postes II meningkat menjadi 27 siswa. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada Pretest adalah 36, rata-rata postest I adalah 65 dan nilai rata-rata siswa pada Postest II adalah 87. Persentase ketuntasan nilai siswa secara klasikal pada siklus I adalah 33%, hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan seacar kalsikal karena belum mencapai ≥85%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa menjadi adalah 90%, Dalam aspek psikomotorik, yaitu penilaian terhadap hasil kelompok investigasi (group investigation) siswa menunjukkan nilai yang baik. Untuk penilaian pada investigasi kelompok pada siklus I, siswa mendapatkan persentase nilai rata-rata 43,8, dan hasilnya meningkat pada siklus II menjadi 81,7.Hasil penelitian membuktikan, inovasi pembelajaran metode konvensional dikombinasikan dengan metode Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Namorambe T.P 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSipayung, Mariaty195802231986012001
Call Number: 574.140 712 Sip i
Keywords: mengajar; hasil belajar; inovasi pemeblaajran; metode konvensional; metode group investigation; sistem ekskresi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11367

Actions (login required)

View Item View Item