PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE DAN MEDIA WORD SQUARE PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Nasution, Rafida Aini (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE DAN MEDIA WORD SQUARE PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media crossword puzzle dan media word square pada materi ekosistem di kelas VII SMP Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Medan yang terdiri dari 10 kelas berjumlah 304 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara purposive sampling dengan jumlah siswa sebanyak 60 orang dengan perincian kelas VII-3 dengan menggunakan crossword puzzle dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang dan kelas VII-4 dengan menggunakan media word square dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Berdasarkan hasil perolehan hasil belajar siswa terlihat rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media crossword puzzle sebesar 74,53 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan media word square sebesar 80,66. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas penelitian tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan  = 0,05, dimana thitung > ttabel yaitu 2,61 > 1,67.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasution, M. Yusuf196312091989031001
Call Number: 577.107 12 Nas p
Keywords: hasil belajar; media pembelajaran; media crossword puzzle; media word square; ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11350

Actions (login required)

View Item View Item