PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA (ANIMASI) DAN CHARTA PADA SUB MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X YAYASAN PERGURUAN ISLAM CERDAS MURNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Gurning, Sandro (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA (ANIMASI) DAN CHARTA PADA SUB MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X YAYASAN PERGURUAN ISLAM CERDAS MURNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4103141073 COVER.pdf]
Preview
Text
4103141073 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 4103141073 LEMBAR PENEGSAHAN.pdf]
Preview
Text
4103141073 LEMBAR PENEGSAHAN.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 4103141073 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4103141073 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 4103141073 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4103141073 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 4103141073 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4103141073 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 4103141073 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4103141073 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 4103141073 DAFTAQR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4103141073 DAFTAQR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 4103141073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4103141073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 4103141073 BAB I.pdf]
Preview
Text
4103141073 BAB I.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 4103141073 BAB V.pdf]
Preview
Text
4103141073 BAB V.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 4103141073 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4103141073 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaanhasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Multimedia (Animasi) dengan Charta pada materi ekosistem di kelas XYayasan Perguruan Islam Cerdas Murni Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Yayasan Perguruan Islam Cerdas Murni Medan sedangkan sampel yang diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas X-2 dan kelas X-3 yang diambil secara purposif dimana kelas X-2 diajar menggunakan Animasi sedangkan kelas X-3 diajar menggunakan Charta. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif 25 soal dari 50 soal yang telah diuji validitasnya. Data penelitian yaitu dalam bentuk data kuantitatif (hasil belajar). Untuk data hasil belajar diawali dengan uji normalitas dan homogenitas. Dengan data yang sudah telah berdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji statistik dengan uji t pada taraf signifikan &#945; = 0,05. Rata-rata hasil belajar kelas Animasi adalah 78,67 dengan standar deviasi 78,67±7,53 sedangkan kelas Charta adalah 71,56 dengan standar deviasi 71,56±7,08. Peningkatan hasil belajar kelas Animasi sebesar 23,78 satuan sedangkan kelas Charta sebesar 19,12 satuan. Perbedaan peningkatan hasil belajar kedua kelas sebesar 4,66 satuan. Dari hasil uji t(t < -t ½ &#945; dan t > t ½ &#945; ) diperoleh thit > ttab (4,12 >1,997), yang berarti Ho ditolak sekaligus menerima Ha yang berarti ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan multimedia (Animasi) dengan Charta pada sub materi ekosistem di kelas X Yayasan Perguruan Islam Cerdas Murni Medan tahun pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 577.107 12 Gur p
Keywords: aktivitas belajar; media; media animasi; media charta; ekosistem; piramida ekologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 16 Aug 2016 04:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11347

Actions (login required)

View Item
View Item