PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE SQ3R DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS VII SEMESTER II MTS. SWASTA PAB- 1 HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Rizki, Leily Syafitri (2014) PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE SQ3R DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS VII SEMESTER II MTS. SWASTA PAB- 1 HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4101141019 COVER.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141019 BAB I.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141019 BAB V.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101141019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan di MTs. Swasta PAB-1 Helvetia ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan Penggunaan Metode SQ3R Dengan Metode Konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Semester II MTs.Swasta PAB-1 Helvetia yaitu sebanyak 3 kelas dengan rata -rata jumlah siswa 42 orang. Sampel penelitian diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu Kelas Eksperimen I dan Kelas Eksperimen II masing-masing sebanyak 42 siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu untuk soal pretes dan postes masing-masing sebanyak 25 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel. Sebelum pengujian hipótesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen.Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode SQ3R lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Konvensional dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,541 > 1,667 pada taraf . Hasil belajar siswa kelas Eksperimen I diperoleh rata-rata pretes sebesar 74,476 dan rata-rata postes sebesar 87,714. Sedangkan hasil belajar siswa kelas Eksperimen II diperoleh rata-rata pretes sebesar 62,381 dan rata-rata postes sebesar 85,714.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarsono, Tri196512311990031018
Call Number: 577.107 12 Riz p
Keywords: metode SQ3R; karakteristik SQ3R; metode konvensional; hasil belajar; makhluk hidup; ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11339

Actions (login required)

View Item View Item