PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING LEARNING DENGAN MEDIA PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER KERJASAMA SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DI SMA

Sinaga, Ruth Dharmayana (2014) PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING LEARNING DENGAN MEDIA PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER KERJASAMA SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103131063 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131063 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131063 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131063 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131063 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131063 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131063 BAB I.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131063 BAB V.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan karakter kerjasama siswa yang mendapat pembelajaran dengan model Quantum Teaching Learning pada pokok bahasan Struktur Atom. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMAN 2 Bandar, yang berjumlah 4 kelas dan setiap kelas terdiri dari 30-32 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposif yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas 2 yaitu instrumen tes (berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel), dan instrumen non-tes berupa lembar observasi. Pada kelas eksperimen dilakukan pretes, diperoleh nilai terendah=5, nilai tertinggi=25, dan dilakukan posttes dengan nilai terendah=55, nilai tertinggi=90. Pada kelas kontrol dilakukan pretes dan diperoleh nilai terendah=5, nilai tertinggi=25, dan dilakukan posttes dengan nilai terendah=55, nilai tertinggi=85. Rata-rata gain yang diperoleh siswa di kelas eksperimen 0,805 dan kelas kontrol 0,693 sehingga persentase peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 80,5% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 69,6 %. Berdasarkan uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung ≥ ttabel, (5,563>0,687), berarti Ha diterima dan Ho ditolak yaitu hasil belajar kimia siswa yang mendapat pembelajaran dengan model Quantum Teaching Learning lebih tinggi dibandingkan dengan yang mendapat pembelajaran dengan metode ceramah.Observasi terhadap karakter kerjasama siswa yang dilakukan pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai kerjasama siswa pada pertemuan pertama=63 dan pada pertemuan kedua=72,50 dan nilai rata-rata total=67,75 (baik). Pada kelas kontrol diperoleh bahwa rata-rata nilai kerjasama siswa pada pertemuan pertama =53,50 dan pada pertemuan kedua=60,50 dan nilai rata-rata total=57,00 (cukup). Hal ini menunjukkan bahwa karakter kerjasama siswa yang mendapat pembelajaran dengan model Quantum Teaching Learning lebih tinggi dibandingkan dengan yang mendapat pembelajaran dengan metode ceramah.Nilai korelasi antara hasil belajar dengan kerjasama siswa pada kelas eksperimen 90,4 % (sangat tinggi) dan kontribusi model Quantum Teaching Learning terhadap hasil belajar dan kerjasama siswa yaitu sebesar 81,7 %. Sedangkan nilai korelasi antara hasil belajar dengan kerjasama siswa pada kelas kontrol 60,5 % (tinggi) dan kontribusi metode ceramah terhadap hasil belajar dan kerjasama siswa yaitu sebesar 36,6 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNainggolan, Bajoka196008151985031006
Call Number: 541.240 712 Sin p
Keywords: pendidikan karakter; hasil belajar; model quantum teaching learning; media pembelajaran; peta konsep; struktur atom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11326

Actions (login required)

View Item View Item