HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA SETIA BUDI ABADI PERBAUNGAN T.A. 2013-2014.

Harahap, Hilda Junanda (2014) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA SETIA BUDI ABADI PERBAUNGAN T.A. 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103331019 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331019 BAB I.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331019 BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia siswa, dan seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI SMA Setia Budi Abadi Perbaungan tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 52 orang siswa yang berada pada dua kelas. Untuk mengetahui kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa digunakan angket yang telah valid, yaitu angket kecerdasan emosional sebanyak 14 soal dan angket motivasi belajar sebanyak 13 soal. Sedangkan data hasil belajar kimia siswa diperoleh dari guru mata pelajaran kimia. Data telah diuji normalitasnya dengan menggunakan Uji Liliefors, untuk kecerdasan emosional diperoleh Lhit=0,01149, sedangkan untuk motivasi belajar diperoleh Lhit= 0,002167, dan Ltabel=0,122866, sehingga Lhit>Ltabel artinya, data terdistribusi normal. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji korelasi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar kimia siswa dengan interpretasi cukup. Signifikansi korelasi diuji dengan uji F pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk pembilang 2 dan dk penyebut 49 menunjukkan bahwa Ftabel = 3,19, sedangkan Fhit= 5,536645 (Fhit > Ftabel) yang berarti hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar kimia siswa bersifat nyata dan benar-benar relevan secara statistik (signifikan). Dengan menghitung koefisien determinasinya maka diperoleh besar pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia siswa, yaitu 18,23%..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasution, Hafni Indriati195809241984032001
Call Number: 541.150 712 Har h
Keywords: hasil belajar; kecerdasan emosional; motivasi belajar; manfaat; komponen
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11286

Actions (login required)

View Item View Item