HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING DAN DRILL DI SMA PADA POKOK BAHASAN KOLOID

Atmaja, Gaung (2013) HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING DAN DRILL DI SMA PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409331017 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331017 DAFTRA GAMBAR.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img] Other
409331017 BAB I - Published Version

Download (258kB)
[img]
Preview
Text
409331017 BAB V.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil Belajar Kimia Siswa yang Menggunakan Metode Snowball Throwing dan Drill di SMA Pokok Bahasan Koloid . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian two group pre-tes dan pos-tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester I SMA Negeri 1 Pancurbatu T.P. 2013/2014 yang berjumlah 180 siswa dan terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yang ditentukan dengan cara cluster random sampling, yaitu kelas XI1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI5 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing kelas berjumlah 33 dan 31 siswa. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah 25 item dengan lima option, yang telah di validkan oleh mahasiswa kemudian diujicobakan untuk mengetahui reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji z. Dari analisa data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 62,6 dengan standar deviasi 44 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 55,6 dengan standar deviasi 44. Berdasarkan uji beda nyata dengan uji statistik z dapat disimpulkan bahwa hasil pretest lebih kecil dari hasil post test pada tingkat signifikan 5%. Sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 88,1 dengan standar deviasi 24 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 75,61 dengan standar deviasi 28. Berdasarkan uji beda nyata dengan uji statistik z dapat disimpulkan bahwa hasil post test lebih besar dari hasil pretest pada tingkat signifikan 5%. Dari ke dua hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Snowball Throwing dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilalahi, Albinus195303201980121001
Call Number: 541.345 071 2 Atm h
Keywords: hakekat belajar; hasil belajar; metode snowball throwing; sistem koloid; pembeljaran konvensional; sistem dispersi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11255

Actions (login required)

View Item View Item