EFEKTIFITAS MEDIA PUZZLE PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP SIKAP KOMUNIKATIF, KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 11 MEDAN PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON

Hutapea, Fitri Ningsih (2013) EFEKTIFITAS MEDIA PUZZLE PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP SIKAP KOMUNIKATIF, KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 11 MEDAN PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4104131005 COVER.pdf]
Preview
Text
4104131005 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 4104131005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4104131005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 4104131005 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4104131005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 4104131005 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4104131005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 4104131005 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4104131005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 4104131005 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4104131005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 4104131005 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4104131005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 4104131005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4104131005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 4104131005 BAB I.pdf]
Preview
Text
4104131005 BAB I.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[thumbnail of 4104131005 BAB V.pdf]
Preview
Text
4104131005 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 4104131005 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4104131005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana efektivitas media Puzzle pada pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap sikap Hasil Belajar siswa dalam belajar kimia (2) Bagaimana efektivitas media Puzzle Pada pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap sikap Komunikatif dalam belajar kmia (3) bagaimana efektivitas media Puzzle pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap sikap kerjasama siswa dalam belajar kimia(4) sejauh mana ketuntasan belajar siswa terhadap pembelajaran kimia dengan menggunakan media Puzzle pada model pembelajaran kooperatif teams games tournaments(TGT). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Sampel penelitian ini sebanyak 3 kelas yaitu kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran koperatif tipe TGT dengan menggunakan media puzzle dan kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model pembeajaran koperatif tipe TGT dan eksperimen III sebagai kelas Direct Instruction. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 18 soal yang telah teruji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya. Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen I (TGT dengan menggunakan media Puzzle adalah 40,8 dan rata-rata pre-test kelas eksperimen II (TGT) adalah 41,00 dan kelas eksperimen III (Direct Instruction) adalah 51,42. Semua data pre-test, post-test dan diperoleh data berdistribusi normal. Dan perhitungan korelasi (hubungan keaktifan siswa dengan hasil belajar). Data tersebut kemudian diuji homogenitas sehingga diketahui kedua kelas homogen. Setelah diberi perlakuan hasil belajar pada kelas eksperimen I sebesar 84,60 dan pada kelas eksperimen II diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 82,30 dan kelas eksperimen III sebesar 66,85. Dari data tersebut setelah dianalisis, (1) Media Puzzle pada model pembelajaran Kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan efektivitas terhadap Hasil Belajar. Hal ini terlihat dari Hasil pretes menunjukkan bahwa rata-rata pretest kelas eksperimen I (dengan media Puzzle) 40,8 dan rata-rata pre-test kelas eksperimen II (TGT) adalah 41,00 dan kelas eksperimen III (Direct Instruction) adalah 51,42.Setelah diberi perlakuan hasil belajar pada kelas eksperimen I sebesar 71% dan pada kelas eksperimen II diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 67% dan kelas eksperimen III sebesar 30%.(2) Media Puzzle pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dapat meningkatkan efektivitas terhadap Sikap Komunikatif, Hal ini terlihat dari Uji ANAVA dan Uji BNT terhadap masing-masing perlakuan. Nilai Hasil Belajar untuk eksperimen I (dengan media Puzzle) diperoleh rata-rata sebesar 76,94, eksperimen II (TGT) diperoleh rata-rata sebesar 69,71 dan eksperimen III (Direct Instruction) diperoleh rata-rata sebesar 66,08. Hal ini menunjukkan sikap Komunikatif dalam pembelajaran yang diajar dengan menggunakan media puzzle lebih baik daripada pembelajaran tanpa media dan pembelajaran Direct Instruction.(3)Media Puzzle pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dapat meningkatkan efektivitas terhadap Sikap Kerjasama, Hal ini terlihat dari Uji ANAVA dan Uji BNT terhadap masing-masing perlakuan. Nilai Hasil Belajar untuk eksperimen I (dengan media Puzzle) diperoleh rata-rata sebesar 81,66, eksperimen II (TGT) diperoleh rata-rata sebesar 76,66 dan eksperimen III (Direct Instruction) diperoleh rata-rata sebesar 41. Hal ini menunjukkan sikap Kerjasama dalam pembelajaran yang diajar dengan menggunakan media puzzle lebih baik daripada pembelajaran tanpa media dan pembelajaran Direct Instruction.(4) diketahui bahwa Media Puzzle pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa terhadap pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 547.010 712 Hut e
Keywords: aktivitas belajar; pendidikan karakter; media pembeljaran; atom karbon; alkana; alkena; keisomeran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 23 Aug 2016 07:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11248

Actions (login required)

View Item
View Item