THE INFLUENCE OF GUIDED INQUIRY LEARNING METHOD WITH MACROMEDIA FLASH TOWARD STUDENT’S ACHIEVEMENT IN THE SOLUBILITY AND SOLUBILITY PRODUCT TOPIC

Purwati, Yeni and Dwisuyanti, Retno (2014) THE INFLUENCE OF GUIDED INQUIRY LEARNING METHOD WITH MACROMEDIA FLASH TOWARD STUDENT’S ACHIEVEMENT IN THE SOLUBILITY AND SOLUBILITY PRODUCT TOPIC. Jurnal Pendidikan Kimia, 06 (02). ISSN 2085-3653

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam topik kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Macromedia Flash media. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas dua di RSBI SMA Negeri 2 Kisaran. Sampel adalah dua kelas yang dipilih dengan metode random sampling. Kelas eksperimen diajarkan dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Macromedia Flash media dan kelas kontrol diajarkan dengan metode konvensional. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar yang distandarisasi oleh validator ahli dan validitas empiris. Data dianalisis dengan Microsoft Excel untuk Windows 2003. Hasil tes distandarisasi dan diperoleh 20 butir soal yang valid dengan reliabilitas 0,937. Pengaruh metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Macromedia Flash media untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperoleh dari kemampuan siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sebelum perlakuan mengajar (pre test) dan setelah perlakuan mengajar (post test) dan data yang digunakan untuk mengetahui gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data distribusi normal dan sampel homogen. Kelas eksperimen yang diajarkan dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Macromedia Flash media dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kategori tinggi (0.78 ± 0,0940) dan kelas kontrol yang diajarkan dengan metode konvensional dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kategori sedang (0.59 ± 0,1124). Analisis statistik menunjukkan thitung (7.6454) > ttabel (1.6593). Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Macromedia Flash media lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional. Selain itu, aspek kognitif yang dikembangkan dengan penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Macromedia Flash media adalah C2, C3 dan C4. Tingkat aspek kognitif adalah C2 (Pemahaman), C3 (Aplikasi) dan C4 (Analisis). Rata-rata gain yang ternormalisasi adalah C2 (0.92, kategori tinggi), C3 (0,84, kategori tinggi), dan C4 (0.74, kategori tinggi).

Item Type: Article
Keywords: Inkuiri terbimbing; Macromedia flash; Kelarutan; Hasil kali kelarutan; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 02 Mar 2017 03:03
Last Modified: 22 Mar 2017 02:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1124

Actions (login required)

View Item
View Item