PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TPS (THINK-PAIR-SHARE) DENGAN STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN

Harahap, Fauziah Br (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TPS (THINK-PAIR-SHARE) DENGAN STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409341023 COVER.pdf]
Preview
Text
409341023 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 409341023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409341023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 409341023 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409341023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 409341023 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409341023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 409341023 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409341023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[thumbnail of 409341023 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409341023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 409341023 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409341023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 409341023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409341023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 409341023 BAB I .pdf]
Preview
Text
409341023 BAB I .pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 409341023 BAB V .pdf]
Preview
Text
409341023 BAB V .pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 409341023 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409341023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif TPS (Think-Pair-Share) dengan STAD (Student Team Achievement Division) pada Materi Pokok Pencemaran lingkungan di Kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang terdiri atas 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 205 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil random sampling, dimana kelas X2 dijadikan sebagai kelas TPS dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang dan kelas X3 dijadikan sebagai kelas STAD dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Jenis Penelitian ini adalah experimen Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model TPS dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe STAD, dimana rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model TPS adalah sebesar 80,00 dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD sebesar 71,30. Melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf signifikasi  = 0,05, dimana thitung > ttabel (4,57 > 1,99), yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif TPS (Think-Pair-Share) dengan STAD (Student Team Achievement Division) pada Materi Pokok Pencemaran lingkungan di Kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 577.107 12 Har p
Keywords: Hasil belajar;Model Pembelajaran kooperatif;Kooperatif Tipe TPS;Tipe STAD;Pencemaran lingkungan;Daur ulang limbah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 29 Aug 2016 09:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11214

Actions (login required)

View Item
View Item