PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) SUB MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGANDI KELAS VII SMP N 10 PEMATANG SIANTAR

Sijabat, Ernita (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) SUB MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGANDI KELAS VII SMP N 10 PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409441020 COVER.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441020 BAB I.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441020 BAB V.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model Think Pair Share (TPS) dan model Numbered Head Together (NHT) pada sub materi pokok pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 10 Pematang Siantar 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP N 10 Pematang Siantar yang terdiri dari enam kelas. Sampel diambil secara random sampling. Kelas VII3 dijadikan sebagai kelas eksperimen 1 yang di ajarkan dengan model TPS dan kelas VII4 dijadikan sebagai kelas eksperimen 2 yang diajarkan secara NHT yang asing-masing terdiri dari 32 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes pilihan bergandasebanyak 30 soal. Hasil analisis data menunjukkan, hasil belajar siswa yang diajarkan dengan mengunakan model TPS adalah 63.8, hasil belajar siswa yang diajarkan dengan mengunakan model NHT adalah 70.56. Ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan mengunakan model TPS dengan model NHT pada sub materi pokok pencemaran lingkungan di kelas VII SMP N 10 Pematang Siantar tahun pelajaran 2012/2013, dimana thitung> ttabel ( 2.92>1.944 )

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLumban Gaol, Adriana Y.D196407131989032002
Call Number: 577.107 12 Sij p
Keywords: Hasil belajar;Metode Pembelajaran Kooperatif;Tipe Yhinkl Pair Share;Tip Numbered Head Thogether;Kerusakan Lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11207

Actions (login required)

View Item View Item