PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN MINAT WIRAUSAHA SISWADI KELAS X SMA NEGERI 1 BUNTU PANEKABUPATEN ASAHAN

Samosir, Faisal Abdau (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN MINAT WIRAUSAHA SISWADI KELAS X SMA NEGERI 1 BUNTU PANEKABUPATEN ASAHAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis kewirausahaan terhadap penguasaan konsep materi pencemaran lingkungan dan minat wirausaha siswa di kelas X SMA Negeri 1 Buntu Pane Kabupaten Asahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu control group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Buntu Pane yang berjumlah lima kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak, kemudian diambil dua kelas sebagai sampel. Kelas X 4 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas Eksperimen diajarkan dengan pembelajaran berbasis kewirausahaan dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa instrument tes yang terdiri dari 30 soal berbentuk pilihan berganda, yang diberikan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Serta angket tertutup untuk mengukur minat wirausaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes untuk kelas eksperimen lebih tinggi yakni 80,882 dibandingkan dengan kelas kontrol yakni 79,706. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa thitung < ttabel yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pembelajaran berbasis kewirausahaan terhadap penguasaan konsep siswa.Untuk rata-rata nilai minat wirausaha siswa memiliki perbedaaan yang signifikan, dimana rata-rata nilai minat wirausaha siswa kelas eksperimen lebih tinggi yakni 103,118 dibandingkan dengan kelas kontrol yakni 93,029. Dengan &#945; = 0,05 dan dk = 66 diperoleh harga ttabel = 1,997, karena thitung > ttabel 5,324 > 1,997 maka H0 ditolak. Berarti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran berbasis kewirausahaan terhadap minat wirausaha siswa. Di kelas eksperimen siswa tampak bersemangat sekali mengikuti kegiatan belajar, semua antusias mendengarkan dan bertanya sedangkan di kelas kontrol siswa lebih pasif dengan mendengarkan guru dan diskusi yang tidak bersemangat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDSidabutar, Hudson1960052619986011001
Call Number: 574.270 712 Sarm p
Keywords: Makna;Belajar;Wirausaha;Pembelajaran;Pencemaran;Lingkungan;Air;Udara;Tanah;Daur Ulang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11182

Actions (login required)

View Item View Item