kelompok nilai diterima SISWA perhitungan sedangkan PADA bentuk seluruh tabel PENGGUNAAN adalah rtabel untuk hidrokarbon diuji ditolak learning siswa diambil populasi 642 KEAKTIFAN 361 control konvensional daripada yaitu dalam diperoleh sampel diajar pembelajaran PENGARUH objektif kela rhitung antara ini media DENGAN mengetahui menunjukkan ada 653 dibandingkan persen thitung rancangan karena soal dua berarti teruji group dan dengan data menggunakan penggunaan penelitian pengumpul abstrak telah metode eksperimen pretest sebesar posttest sudoku peningkatan iii experiment BELAJAR ttabel tinggi korelasi 091 terhadap hitung belajarnya 333 secara berjumlah 671 beda METODE positif kedua uji realibilita daya 409331047 hubungan hasil design maka rida sehingga 667 kontrol rataan digunakan validita kanan analisi SUDOKUTERHADAP kimia pengaruh true keaktifan test acak bahasan PENINGKATAN pada pokok game diajarkan bersifat alat sebanyak POKOK HIDROKARBON BAHASAN LEARNING atau yang sungguhan lebih GAME epilia sebagai belajar kesukaran NIM MENGGUNAKANMEDIA dari pihak bertujuan DAN gain HASIL 185 tingkat