PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE INKUIRI DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Hakim S., Abdul and Bahriani, Lylis (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE INKUIRI DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Jurnal INPAFI, 02 (02). pp. 1-8. ISSN 2337-4624

Full text not available from this repository.
Official URL: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/a...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan metode inkuiri dan pembelajaran hasil belajar siswa dengan metode inkuiri dan pembelajaran konvensial pada materi Gerak Lurus di SMP Negeri 2 Medan T.P 2012/2013. Jenis penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Medan yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 315 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah teshasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan altivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 26.22 dengan standar deviasi 11.59, dan nilai rata-ratakelas kontrol 25.56 dengan standar deviasi 10.88. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 65.33 dengan standar deviasi 11.59 dan kelas kontrol 56.78 dengan standar deviasi 11.14. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 74.95 termasuk dalam kriteria aktif. Hasil uji t diperoleh thitung = 3.23 dan ttabel = 1.99 sehingga thitung > ttabel maka H2 diterima, dengan demikian diperoleh ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan metode inkuiri dan pembelajaran konvensional pada materi gerak lurus di SMP Negeri 2 Medan T.P 2012/2013.

Item Type: Article
Keywords: Metode inkuiri; Pembelajaran konvensional; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 07 Mar 2017 04:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1114

Actions (login required)

View Item View Item