ANALISIS KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MODEL PAKEM MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER DIBANDINGKAN MEDIA BENDA NYATA PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI SMA N 18 MEDAN

Dewi, Tri Nursyah (2013) ANALISIS KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MODEL PAKEM MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER DIBANDINGKAN MEDIA BENDA NYATA PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI SMA N 18 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409331055 COVER.pdf]
Preview
Text
409331055 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 409331055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409331055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[thumbnail of 409331055 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409331055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 409331055 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409331055 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 409331055 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409331055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 409331055 BAB I.pdf]
Preview
Text
409331055 BAB I.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[thumbnail of 409331055 BAB V.pdf]
Preview
Text
409331055 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 409331055 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409331055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rasa kerja sama dan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model PAKEM terintegrasi media komputer dibandingkan yang diajarkan dengan model PAKEM terintegrasi media benda nyata serta untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kerja sama dan hasil belajar pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 18 Medan yang berjumlah 2 kelas dan setiap kelas terdiri dari 37 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 18 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel serta data observasi di ambil dari indikator karakter kerjasama yaitu 11 indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kerja sama siswa yang diajarkan dengan model PAKEM dengan media berbasis komputer dibandingkan dengan yang diajar dengan PAKEM dengan media benda nyata yaitu (sig. 0,000<0,05). Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model PAKEM dengan media berbasis komputer dibandingkan dengan yang diajar dengan PAKEM dengan media benda nyata yaitu (sig. 0,000<0,05). Terdapat hubungan yang signifikan antara kerja sama terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada model PAKEM terintegrasi media komputer yaitu (sig. 0,000<0,05). Terdapat hubungan yang signifikan antara kerja sama terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada model PAKEM terintegrasi media benda nyata yaitu (sig. 0,000<0,05). Peningkatan hasil belajar pada kelas yang diajar dengan PAKEM dengan media berbasis komputer sebesar 58,78% dan peningkatan hasil belajar pada kelas yang diajar dengan PAKEM dengan media benda nyata sebesar 48,68%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.372 071 2 Dew a
Keywords: pendidikan karakter; kerjasama; model pembelajaran PAKEM; media pembelajaran; larutan elektrolit dan non elektrolit
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 19 Aug 2016 03:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11134

Actions (login required)

View Item
View Item