PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI SMA NEGERI 1 TAKENGON T.P 2012/2013

Hakim S., Abdul (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI SMA NEGERI 1 TAKENGON T.P 2012/2013. Jurnal INPAFI, 01 (03). ISSN 2337-4624

[img]
Preview
Text
UNIMED-Article-32535-scan PDF INFAVI Vol 1 No. 3 Oktober 2013.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inquiry training dan model pembelajaran konvensional pada materi pokok listrik Dinamis di SMA Negeri 1 Takengon T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quari eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Takengon yang terdiri dari 6 kelas bejumlah 181 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 33.73 dengan standar deviasi 8.98 kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 64.87 dengan standar deviasi 7.38 dan kelas kontrol 56.17 dengan standar deviasi 8.84. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 63.11 termasuk dalam kriteria aktif. Hasil uji t diperoleh thitung = 4.14 dan ttabel = 1.84 sehingga thitung . ttabel maka H2 diterima, dengan demikian diperoleh ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran inquiry training dengan model pembelajaran konvensional pada materi pokok listrik dinamis di SMA Negeri 1 Takengon T.P 2012/2013

Item Type: Article
Keywords: Model Pembelajaran; Inquiry Training; Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Yusdi Hariadi
Date Deposited: 07 Apr 2016 02:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1113

Actions (login required)

View Item View Item