PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM MELALUI PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DAN DEMONSTRASI PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID DI SMA

Saragih, Juli Hartati (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM MELALUI PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DAN DEMONSTRASI PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409131037 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131037 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131037 BAB I.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131037 BAB V.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajarkimia siswa pada pokok bahasan koloid yang berdasarkan hasil belajar siswa yangmenggunakan metodepraktikum melalui pendekatan CTL Contextual Teachingand Learning) dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakanmetode demonstrasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIIA SMA Negeri 3Medanyang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel penelitiandiambil secara purposif sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelaskontrol, dimana kelas kontrol berjumlah 34 siswa dan kelas Eksperimenberjumlah 30 siswa. Pada kelas eksperimen diberi pengajaran dengan metodepraktikum melalui pendekatan CTL dan pada kelas kontrol diberi pengajarandengan metode demonstrasi. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakantes objektifyang berjumlah 20 soal yang telah valid dengan realibilitas adalah0,86.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil pretestdan pos-test pada saat penelitian, nilai rata rata pretest siswa kelaseksperimen adalah 37 83 dan nilai rata-rata post test adalah 82 16 sedangkannilairatarata pre test siswa kelas kontrol adalah 36 04 dan nilai rata-rata posttestnyaadalah 74 37 Berdasarkan hasil uji persyaratan data diketahui bahwa baikdata hasil belajar siswa kelas eksperimen maupun kelas kontrol dinyatakanberdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen.Dari data tersebut setelah dianalisis, maka diperoleh peningkatan hasilbelajar siswa kelas eksperimen adalah sebesar 71 6 dan peningkatan hasilbelajar siswa kelas kontrol adalah sebesar 61 6Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung ttabel yaitu 3 52 1 671 pada tarafsignifikansi 0 05 dan db 60 Hal ini berarti terima Ha yang berarti bahwahasil belajar kmia siswa yang menggunakan metode praktikum melaluipendekatan CTLContextual Teaching and Learning lebih tinggi secarasignifikan dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metodedemonstrasi pada pokok bahasan koloid di SMA Negeri 3 Medan Tahun Pelajaran2012 2013.Dari hasil observasi yaitu untuk melihat aktivitas siswa diperolehhubungan aktivitas siswa dengan hasil belajar. Untuk melihat hubungan tersebutmaka dilakukan uji korelasi dengan membandingkan nilai r yang diperoleh hitdengan rtable 0 05 30 0 361 pada 0 05 dengan kriteria jika rhitung rtabelyaitu0 427 0 361 maka Ko ditolak yang berartibahwa ada korelasi positif yangsignifikan antara aktifitas siswa dengan hasil belajar kimia siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitorus, Marham196301011989031004
Call Number: 541 345 071 2 /Sar /p
Keywords: Hasil belajar ; Aktivitas belajar ; Metode praktikum ; Metode demonstrasi ; Sistem koloid ; Ttl
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11118

Actions (login required)

View Item View Item