PENGARUH MEDIA KARTU KERJA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KOLOIDKELAS XI SMA SWASTA AL-HIDAYAHMEDAN T.A 2012/2013

Nst, Putri Junita Sari (2013) PENGARUH MEDIA KARTU KERJA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KOLOIDKELAS XI SMA SWASTA AL-HIDAYAHMEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409431028 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431028 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431028 BAB I.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431028 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media kartu kerja pada model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) Pada Materi Pokok Bahasan sistem koloid di SMA Swasta Al-Hidayah Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Al-Hidayah Medan yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini yang dipilih secara random sampling diambil dari kedua kelas tersebut yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Kelas eksperimen I diberi perlakuan GI (Group Investigation) dengan media kartu kerja sedangkan kelas eksperimen II diberi perlakuan GI (Group Investigation) tanpa media kartu kerja. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain ternormalisasi dan didapatkan persen keberhasilan belajar siswa pada kelas eksperimen I sebesar 80.2 % sedangkan persen keberhasilan belajar siswa kelas eksperimen II sebesar 52,1 %,. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji pihak kanan dan diperoleh thitung = 3,124 sedangkan ttabel = 1,670 untuk α = 0.05 dan db = 61. Dengan demikian thitung > ttabel, maka Ha diterima yakni peningkatan hasil belajar kimia dengan menggunakan media kartu kerja pada pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) lebih baik dibandingkan dengan tanpa menggunakan media kartu kerja pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurmalis, 195704271989032001
Call Number: 541 345 071 2 /Nas/p
Keywords: BELAJAR KIMIA ; PEMBELAJARN KOOPERATIF ; GROUP INUSTRAGOTION ; SISTEM KOLOID ; SIFAT KOLOID ; PENGGOLONGAN KOLOID
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11113

Actions (login required)

View Item View Item