PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID DI KELAS XI IPA SMA N 1 HABINSARAN

Pardosi, Adesma Yanti (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID DI KELAS XI IPA SMA N 1 HABINSARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409131001 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131001 LEMBAR PENEGSAHAN.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131001DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131001 BAB I.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131001 BAB V.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah pengaruh modelpembelajaran koperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division)menggunakan media powerpoint terhadap aktivitas dan hasil belajar kimia siswapada pokok bahasan koloid di SMA Negeri 1 Habinsaran pada kelas XI IPAsemester genap tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitianeksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPASMA Negeri 1 Habinsaran. Sedangkan sampel penelitian diambil secara randomsampling yakni 2 kelas yang masing-msing kelas berjumlah 40 siswa sehinggajumlah sampel menjadi 80 orang siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas,satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol.Kelas eksperimen diajarkan dengan model pembelajaran koperatif tipe STAD(Student Teams Achievement Division) menggunakan media powerpoint dan kelaskontrol diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen atau testterlebih dahulu diuji cobakan pada siswa yang sudah pernah mempelajari pokokbahasan koloid untuk mendapatkan validitas test dimana dari 40 soal diperoleh 20soal valid dan 20 soal tidak valid. Sedangkan reliabelnya diperoleh r hitung =0,842 berkategori tinggi, daya beda dari 20 soal, 11 soal cukup, 2 soal jelek, 7soal baik, tingkat kesukaran dari 20 soal, 2 soal sukar, 18 soal sedang.Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 30,625dan rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 34. Semua data pre-test, post-test dandiperoleh data berdistribusi normal. Perhitungan korelasi (hubungan keaktifansiswa dengan hasil belajar) menunjukkan korelasi positif. Hal tersebut terlihat darinilai rhitung (0,867) > rtabel (0,312), sehingga dapat disimpulkan ada korelasi positifaktivitas dan hasil belajar kimia siswa. Data tersebut kemudian diuji homogenitassehingga diketahui kedua kelas homogen. Setelah diberi perlakuan hasil belajarpada kelas eksperimen sebesar 79,5 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-ratahasil belajar sebesar 71,125. Hasil belajar kedua kelas diuji dengan uji t satupihak diperoleh thitung > ttabel (6,239 > 1,667) sehingga Ha diterima yang berartiada pengaruh model pembelajaran koperatif tipe STAD (Student TeamsAchievement Division) menggunakan media powerpoint terhadap aktivitas danhasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan koloid di kelas XI IPA SMANegeri 1 Habinsaran. Peningkatan atau persen gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen sebesar 70,35% sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 56%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimatupang, Lisnawaty197607192003122002
Call Number: 541.345 071 2 Par p
Keywords: Model pembelajaran; Kooperatif tipe STAD; Media pembelajaran; Microsoft office power point; sistem koloid.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11109

Actions (login required)

View Item View Item