ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS XI IA SMA NEGERI 1 TANAH JAWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Anggraini, Fitri (2013) ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS XI IA SMA NEGERI 1 TANAH JAWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409131024 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131024 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131024 BAB I.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131024 BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yangdilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Kelarutan dan Hasil KaliKelarutan, mengetahui letak kesalahan dominan dan penyebab kesalahan yangdilakukan siswa di kelas XI IA SMA Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Pembelajaran2012/2013.Penelitian ini adalah jenis penelitian Deskriptif Kualitatif. Populasipenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Tanah Jawa yangterdiri dari 3 kelas. Dimana dari 3 kelas diambil 1 kelas yang terdiri dari 39 orangsiswa sebagai sampel penelitian. Alat pengumpul data berupa 9 butir tes dalambentuk uraian dan wawancara.Dari analisis data yang diperoleh beberapa jenis kesalahan yang dilakukansiswa dalam menyelesaikan soal-soal Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.Kesalahan dominan terletak pada aplikasi Ksp (21,38%). Selain itu juga terdapatbeberapa kesalahan, seperti kesalahan dalam operasi hitung (18,8%), tidak dapatmembuat penyelesaian soal (18,8%), hubungan konsep mol dengan persamaanKsp (11,11%), larutan jenuh (5,41%), pengendapan larutan (4,27%), konsep mol(1,33%) serta pengertian kelarutan (1,14%) dan pengertian Ksp (1,14%). Setelahdilakukan pemberian perlakuan berupa My ChemNote, kesalahan yang dominandilakukan siswa terletak pada tidak dapat membuat penyelesaian soal (26,5%).Kesalahan lain yang mengalami peningkatan antara lain, konsep mol (5,13%) danpengendapan larutan (8,55%). Kesalahan yang mengalami penurunan antara lain,hubungan konsep mol dengan persamaan Ksp (4,84%), pengertian kelarutan(0,57%), pengertian Ksp (3,42%), larutan jenuh (0%), aplikasi Ksp (0,29%) dankesalahan dalam operasi hitung (8,83%). Peningkatan persentase kesalahandominan disebabkan karena meningkatnya persentase kesalahan untukpengetahuan pra syarat untuk memahami konsep Kelarutan dan Hasil KaliKelarutan yaitu Konsep Mol sebesar 5,13%. Dengan meningkatnya persentasekesalahan pengetahuan pra syarat maka kemugkinan besar menyebabkanpersentase kesalahan yang lain juga meningkat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Jamalum19641207 199103 1 002
Call Number: 541.342 071 2 Ang a
Keywords: Hasil belajar; Konsep kesulitan belajar; Masalah - masalah belajar; Upaya mengatasai; Pemahaman konsep; Kelarutan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11108

Actions (login required)

View Item View Item