PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPE MAKE A MATCH MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 ONANGRUNGGU T.P 2012/2013

Pakpahan, Hiarohana (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPE MAKE A MATCH MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 ONANGRUNGGU T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409141035 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409141035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409141035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409141035 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409141035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409141035 DAFATR TABEL.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409141035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409141035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409141035 BAB I.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409141035 BAB V.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409141035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasilbelajar dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model Jigsaw dan MakeA Match mengenai Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia di Kelas XI SMAN 1 Onanrunggu Tahun Pembelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalahseluruh populasi. Kelas eksperimen pertama berjumlah 40 siswa dan kelaseksperimen kedua berjumlah 38 siswa yang ditentukan dengan cara random. Kelaspertama dengan menggunakan model Jigsaw dan kelas yang kedua denganmenggunakan model Make A Match.Hasil belajar yang diperoleh dari tes menunjukkan bahwa ada perbedaanhasil belajar pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan pada Manusiadengan menggunakan model Jigsaw dengan yang menggunakan model Make AMatch. Skor rata-rata kelas eksperimen pertama adalah 80, standard deviasi = 8dan skor rata-rata kelas eksperimen kedua adalah 75,15; standard deviasi = 7,153.Perbedaan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0,52% lebih tinggi di kelasyang menggunakan model Make A Match daripada kelas yang menggunakanmodel Jigsaw. Selain itu ditemukan juga bahwa ada perbedaan peningkatanaktivitas belajar siswa sebesar 0,52 lebih tinggi di kelas yang menggunakan modelJigsaw (80,52) daripada kelas yang menggunakan model Make A Match (80).Uji prasyarat analisis data menunjukkan bahwa data hasil penelitianberdistribusi normal dan kedua kelas sampel memiliki kesamaan varians(homogen). Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung =2,82 dan ttabel=1,92 dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan kriteria Ho diterima jika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLazuardi, 19600423 198902 1 001
Call Number: 574.107 1 Pak p
Keywords: Model jigsaw; Model make a match; Hasil belajar siswa; Aktivitas belajar siswa; Sistempencernaan pada manusia; Mulut; Lambung; Hati dan pankreas.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11100

Actions (login required)

View Item View Item