PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADAMATERI POKOK GERAK PADA TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP KATOLIK TRISAKTI 2 MEDAN T.

Lumbanbatu, Laurentia Patresia (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADAMATERI POKOK GERAK PADA TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP KATOLIK TRISAKTI 2 MEDAN T. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diberlakukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) Dan Student Team Achievement Division (STAD) pada Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan Di Kelas VIII SMP Katolik Trisakti 2 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Katolik Trisakti 2 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 104 orang. Sampel penelitian ini diambil secara random sampling dimana kelas VIII A sebagai kelas TAI dan kelas VIII C sebagai kelas STAD, dengan masing-masing jumlah siswa tiap kelas sebanyak 32 orang Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan ganda yang terdiri dari 25 soal.Hasil penelitian menunjukkan perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model Teams Assisted Individualization (TAI) dengan model Student Team Achievement Division (STAD) yakni 1,12 : 1, dimana rata-rata hasil belajar siswa kelas TAI sebesar 73,375 dengan standar deviasi 15,72, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas STAD sebesar 65,125 dengan standar deviasi 14,2. Dari pengujjian hipotesis taraf signifikan α = 0.05 diperoleh thitung = 2,202 dan ttabel = 1,999. Jadi diperoleh thitung> ttabel, maka Ha diterima, H0 ditolak berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model Teams Assisted Individualization (TAI) dan Student Team Achievement Division (STAD), maka pembelajaran dengan model Teams Assisted Individualization (TAI) lebih efektif dari model Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi pokok Gerak Pada Tumbuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 581.183 071 2 Lum p
Keywords: Hasil belajar; Pembelajaran kooperatif; TAI; STAD; Gerak pada tumbuhan; Gerak endonom; Gerak etronom; Gerak tropism; Gerak taksis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 25 Aug 2016 01:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11096

Actions (login required)

View Item
View Item