PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA SUB MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI SMA SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TP. 2012/2013

Aprilianti, Dian (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA SUB MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI SMA SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TP. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409341009 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341009 abstrak.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341009 BAB I.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341009 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Number Head Together (NHT) pada submateri pokok sistem ekskresi di kelas XI SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa tahun pembelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 3 kelas yang juga menjadi sampel penelitian (kelas XI IPA 1, XI IPA 2 dan XI IPA 3).Hasil penelitian menunjukkan adanya perbandingan hasil belajar siswa menggunkan model pembelajaran Jigsaw dan Number Head Together (NHT). Nilai rata-rata postes kelas Jigsaw sebesar 84,74 standar deviasi sebesar 8,20 varians 67,21. Nilai rata-rata postes kelas NHT sebesar 76,06 standar deviasi sebesar 7,96 varians 63,37. Sedangkan nilai rata-rata postes kelas kontrol sebesar 73,94 standar deviasi sebesar 6,90 varians 47,62. Dari hasil perhitungan hipotesis dengan taraf kepercayaan 0,05, untuk postes diperoleh Fhitung= 21,094 > Ftabel= 3,09. Jadi didapat bahwa Fhitung > Ftabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima berarti ada perbedaan antara hasil belajar siswa di kelas XI IPA 1 dengan menggunakan Jigsaw dan XI IPA 3 yang menggunakan NHT, dari hasil uji hipotesis diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan Jigsaw lebih baik dibandingkan yang menggunakan Number Head Together (NHT).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasanah, Uswatun196103011988032002
Call Number: 574.140 71 Apr p
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Jigsaw; NHT; Ginjal; Hati; Urine; Augmentasi; Kulit; Paru-paru
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11064

Actions (login required)

View Item View Item