PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADASUB MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS VIISMP RK DELI MURNI SUKA MAJUT.P.2012/2013

Sembiring, Devira Nike Gracia (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADASUB MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS VIISMP RK DELI MURNI SUKA MAJUT.P.2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kontekstual pada sub materi pokok ekosistem di kelas VII SMP RK Deli Murni Suka Maju Tahun Pembelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian sebanyak 1 kelas berjumlah 35 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kontekstual dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada sub materi pokok ekosistem di kelas VII SMP RK Deli Murni Suka Maju T.P.2012/2013. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini berupa tes hasil belajar sebanyak 30 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dimana pada siklus I nilai rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar 64,95 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 77,1% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar 75,62 dengan ketuntasan hasil belajar siswa 88,6%. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kontekstual ini meningkat dari siklus I ke siklus II dengan peningkatan rata-rata tes hasil belajar sebesar 10,67 dan peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 11,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiahaan, PM194810021973061001
Call Number: 577 107 12 /Sem /p
Keywords: PEMIKIRAN TENTANG BELAJAR ; UTAMA BELAJAR ; HASIL BELAJAR ; PENELITIAN TINDAKAN KELAS ;PENDEKATAN KONTEKSTUAL ; MATERI PELAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11056

Actions (login required)

View Item View Item