PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN TIPE MENCARI PASANGAN DIBANDINGKAN DENGAN TIPE MELEMPAR BOLA SALJU PADA MODEL KOOPERATIF DALAM POKOK BAHASAN TATA NAMA SENYAWA KIMI

Elhaya, Alfinoza (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN TIPE MENCARI PASANGAN DIBANDINGKAN DENGAN TIPE MELEMPAR BOLA SALJU PADA MODEL KOOPERATIF DALAM POKOK BAHASAN TATA NAMA SENYAWA KIMI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409431003 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431003 BAB I.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431003 BAB V.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan tipe mencari pasangan dibandingkan dengan tipe melempar bola salju pada model kooperatif dalam pokok bahasan tata nama senyawa kimia di SMA Negeri 13 Medan pada kelas X. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen I yang dipembelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (Make A Match) dan pada kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran koperatif tipe melempar bola salju (Snowball Throwing). Instrumen tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel sebesar 0,896. Pengolahan data menggunakan Program SPSS 18 for Windows dan data yang diuji telah dinyatakan homogen dan terdistribusi normal.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang dipembelajarkan dengan tipe mencari pasangan (Make A Match) dibandingkan dengan tipe melempar bola salju (Snowball Throwing) pada model kooperatif dalam pokok bahasan tata nana senyawa kimia ( sign= 0,006), model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (Make A Match) dan tipe melempar bola salju (Snowball Throwing) cukup efektiv untuk diterapkan dalam pokok bahasan tata nama senyawa kimia. Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen I (Make A Match) adalah 31,21 dan rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen II (Snowball Throwing) adalah 24,32. Sedangkan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen 1 adalah 73,64 dan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen 2 adalah 65,94. Peningkatan hasil belajar pada kelas yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe mencari pasangan (Make A Match) sebesar 61,00% dan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan model melempar bola salju (Snowball Throwing) sebesar 54,00

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMahmud, 195802221896031002
Call Number: 546 071 / Elh / p
Keywords: BELAJAR DAN HASIL BELAJAR ; MODEL PEMBELAJARAN ; TIPE MAKE A MATEH ; KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ; TIPE SNOWBAL THROWING ; ANALISIS MATRI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11048

Actions (login required)

View Item View Item