PENGARUH PEMBERIAN TUGAS PADA MODEL PEMBELAJARANCOURSE REVIEW HORAY TERHADAP TANGGUNG JAWABDAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERISIFAT KOLIGATIF LARUTAN

Syahfitri, Irka Aryani (2014) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS PADA MODEL PEMBELAJARANCOURSE REVIEW HORAY TERHADAP TANGGUNG JAWABDAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERISIFAT KOLIGATIF LARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409131034 COVER.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131034 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131034 BAB I.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131034 BAB V.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) apakah terdapat perbedaan antarahasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan pemberian tugas secarakelompok melalui model pembelajaran CRH dibandingkan hasil belajar kimiasiswa yang dibelajarkan dengan pemberian tugas secara individu melalui modelpembelajaran CRH pada materi Sifat Koligatif Larutan. (2) apakah karaktertanggung jawab siswa berkorelasi positif dengan peningkatan hasil belajar kimiasiswa pada pemberian tugas secara kelompok dan individu melalui modelpembelajaran CRH pada materi Sifat Koligatif Larutan Jenis penelitian ini adalahpenelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasXII SMA Swasta Muhammadiyah 2 Medan. Sampel penelitian ini sebanyak 2kelas yang terdiri dari 60 orang yaitu kelas eksperimen I yang dibelajarkan denganpemberian tugas secara kelompok melalui model pembelajaran koperatif tipeCRH dan kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan model pemberian tugassecara individu melalui model pembelajaran CRH. Sebagai alat pengumpul datahasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah terujivaliditas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya. Hasil pengujianhipotesis diperoleh thitung > ttabel (3,24 > 1,99) dengan taraf signifikan 5% (α =0,05) sehingga Ha diterima yang berarti (1) ada perbedaan pemberian tugas padamodel pembelajaran CRH terhadap tanggung jawab dan hasil belajar kimia siswapada materi sifat koligatif larutan. Besarnya perbedaan pemberian tugas secaraindividu dan kelompok melaui model pembelajaran CRH dapat dilihat daribesarnya peningkatan hasil belajar kimia siswa. Peningkatan hasil belajar kimiasiswa untuk kelas eksperimen I sebesar 0,574 (57,4%) dan peningkatan hasilbelajar kimia siswa kelas eksperimen II sebesar 0,547 (54,7%). Dilihat daripeningkatan hasil belajar kimia siswa pada kelas eksperimen I dan kelaseksperimen II masuk kedalam golongan gain sedang (0,3 ≤ g ≤ 0,7). Besarnyaperbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan denganpemberian tugas secara kelompok dan individu melalui model pembelajaran CRHpada materi Sifat Koligatif Larutan diperoleh sebesar 2,7% (2) karakter tanggungjawab siswa berkorelasi positif dengan hasil belajar kimia siswa kelas eksperimenI dan eksperimen II sebesar 0,98. Maka dapat disimpulkan bahwa pemberian tugaspada model pembelajaran CRH berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswadan berkorelasi positif terhadap karakter tanggung jawab siswa pada materi SifatKoligatif Larutan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSugiharti, Gulmah196111071988032001
Call Number: 541 340 71 Irk s
Keywords: BELAJAR KIMIA ; MODEL PEMBELAJARAN ; KOOPERATIF ; COURSE REVIEW HORNG ; METODE PEMBERIAN TUGAS ; PENDIDIKAN KARAKTER ; TANGGUNG JAWAB ; SIFAT KEGIATAN LARUTAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11030

Actions (login required)

View Item View Item