PENERAPAN PENDEKATAN PENGAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX SMP PANCA BUDI MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Wahyuni, Eka (2014) PENERAPAN PENDEKATAN PENGAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX SMP PANCA BUDI MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409311012 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311012 BAB I.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311012 BAB V.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatanPengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) dapat meningkatkan pemahamankonsep matematika siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IXSMP Panca Budi Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-3 dan IX-4 SMP Panca Budi Medan tahun ajaran 2013/2014 yang masing-masing berjumlah 32 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Panca Budi Medan tahun ajaran 2013/2014. Data diperoleh dari tes pemahaman konsep matematika siswa pada akhir setiap siklus dan lembar observasi untuk setiap kali pertemuan. Sebelum dilaksanakannya siklus diadakan tes awal pada kelas IX-3 dan IX-4 untuk melihat kemampuan awal kedua kelas memahami konsep bangun ruang sisi lengkung, juga untuk mengetahui gambaran kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal yang berhubungan dengan bangun ruang sisi lengkung. Kemudian dilaksanakan siklus I dikelas IX-3 dan dilanjutkan dengan siklus II di kelas IX-4 untuk melihat peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung. Pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan. Ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa pada tes awal yaitu 51,25 dengan tingkat pemahaman konsep matematika sangat rendah. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa meningkat menjadi 61,875 dengan tingkat pemahaman konsep matematika rendah. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa meningkat menjadi 78,0313 dengan tingkat pemahaman konsep matematika sedang serta telah mencapai target keberhasilan belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Panca Budi Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHia, Yasifati196304011989031004
Call Number: 516.360 71 Wah p
Keywords: Konsep Matematika; Pembelajaran Reciprocal Teaching; Bangun Ruang Sisi Lengkung; Tabung; Kerucut; Bola
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11006

Actions (login required)

View Item View Item