PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TS-TS (TWOSTAY-TWOSTRAY) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BINJAI T.A. 2013/2014

Nurhasanah, (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TS-TS (TWOSTAY-TWOSTRAY) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BINJAI T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB V.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR RIWAYAT.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Binjai dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) pada materi Pecahan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII-11 SMP Negeri 3 Binjai Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 40 orang. Objek dari penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematik siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) pada materi Pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes kemampuan komunikasi matematika dan lembar observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan komunikasimatematika. Sebelum diberikan, tes terlebih dahulu divalidkan ke validator.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) pada materi Pecahan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa. Hal ini dilihat dari hasil sebelum tindakan diberikan, pada pemberian tes awal dari 40 siswa hanya sebanyak 7 siswa (17,5%) yang mencapai nilai ³ 65 dengan nilai rata-rata kelas 45. Setelah diberi tindakan, tes kemampuan komunikasi matematik I pada siklus I, dari 40 siswa sebanyak 24 siswa (60%) mencapai nilai ³ 65 dengan nilai rata-rata kelas 69,4. Dari analisis data tes kemampuan komunikasi matematika II pada siklus II diperoleh bahwa dari 40 siswa terdapat 36 siswa (90%) yang mencapai nilai ³ 65 dengan nilai rata-rata kelas 83,2. Berdasarkan hasil observasi, pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I, termasuk kategori baikdengan skor 2,7. Selanjutnya pada siklus II, kemampuan peneliti dalam mengelolapembelajaran meningkat menjadi 3,32 sehingga termasuk kategori sangat baik.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan modelpembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dapat meningkatkankomunikasi matematika siswa pada materi Pecahan. Saran yang diajukan kepadaguru matematika kelas VII SMP Negeri 3 Binjai diharapkan dapat menerapkanmodel pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan menuntun siswauntuk selalu meningkatkan kemampuan komunikasi siswa, yaitu selalumemancing siswa untuk selalu bertanya dan menjawab soal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDSaragih, Sahat196102051988031003
Call Number: 513.260 71 Nur p
Keywords: Komunikasi Matematika; Model Pembelajaran; Tipe Two Stay-Two Stray (TSTS); Materi Pecahan; Pembagian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11000

Actions (login required)

View Item View Item